Sabtu, 26 Oktober 2013

Cara membuat kerajinan dari resin 2

Salam hangat...
Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menambah nilai tambah produk, misalnya dengan mengubah atau mempercantik dengan resin dan fiberglass. jika kita benar-benar ingin menekuninya hasilnya pun cukup lumayan, karena banyak hal yang bisa kita lakukan dengan fiberglass, dan tentunya hal ini benar-benar menyenangkan. yang penting suka dan menyenangi dahulu, barulah ide-ide itu akan muncul.
peluang usaha yang diperoleh dari fiberglass pun masih banyak dan cukup luas, asalkan kita mau berinovasi dalam bentuk model dan warna. dengan modal minimpun usaha ini dapat berjalan, tentunya banyak juga yang meliriknya. inilah alasan cukup kuat dan mengapa kita tidak coba untuk menekuninya.
fiberglass merupakan bahan campuran, untuk membentuknya diperlukan bahan-bahan lain seperti resin, katalis, silicon rubber dan talk. yang disebut juga bahan-bahan dasar pembentuk fiberglass, hasil akhirnya dapat menambah nilai tambah produk. sehingga kita bisa menjualnya dipasaran dalam bentuk aksesoris dan souvenir.
inti dari resin adalah membuat model ataupun sesuai dengan keinginan kita. seperti topeng, gantungan kunci, bingkai foto, souvenir jari tangan, bumper mobil dll. membuat model dari resin bukanlah hal yang sulit, asalkan dengan aplikasi dan tehnik yang benar, jika masih belum sempurna lakukan dan lakukan lagi, sampai mendapatkan hasil yang mulus dan sempurna. tentunya dengan pengalaman dan tehnik yang anda kembangkan akan menambah kesempurnaan hasil dari fiberglass. tentunya disenangi dahulu dan kita tidak akan cepat bosan. tenang saja anda tidak perlu khawatir, karena bahan-bahannya mudah didapat dipasaran dan harganya tidak terlalu mahal, ya bisa dibilang murah."""" learning by doing".....

Bahan-bahan yang dibutuhkan
1. Resin bening No 108
     resin jenis ini berfungsi untuk membentuk model berwarna bening seperti kaca, berbentuk cair dan berwarna bening.

2. Resin keruh no 157
    Resin ini bisa dicampur dengan warna-warna lain, tetapi model akan berwarna abu-abu sebelum diberi warna. dan harganya sudah lebih murah dari resin bening. selain itu juga dengan resin ini kita bisa mencampurnya dengan talk untuk menghemat lagi. resin ini berwujud cair dan berwarna keruh. cocok digunakan untuk membuat model dengan campuran warna.

3. katalis resin
disebut namanya katalis, ibarat jika mau membuat kopi katalis adalah sendoknya, jadi katalis bisa diartikan bahan kimia yang mendukung untuk mempercepat proses reaksinya. katalis resin umumnya berwarna bening. jadi katalis resin digunakan untuk mempercepat proses pengeringan dan pengerasan adonan resin bening atau resin keruh.

4. Silicon rubber RTV 586
Biasanya silicon ini digunakan untuk membuat cetakan model disebut juga untuk membuat matrasnya model, misalnya untuk model-model yang berbentuk 3D, patung, act figure, dll. silicon ini berwujud cairan kental berwarna putih dan jika dicampur dengan katalis akan menjadi keras namun elastis. bisa membuat model dengan sempurna. dan hasilnya malah lebih bagus daripada kita membuat dari cetakan gips.
di toko bahan kimia resin ini terdiri dari dua jenis yaitu RTV 586 dan RTV 585. kelebihanya RTV 585 lebih keras sehingga umur pakainya lumayan lama. tetapi jika kita memiliki frekuensi kerja yang variatif dan sering, lebih baik menggunakan resin RTV 586. harga resin 585 jauh sedikit lebih mahal, jadi untuk belajar sebainya gunakan resin RTV 586 saja, hitung-hitung buat menghemat biaya.

5. Katalis silicon Rubber
katalis silicon rubber biasanya dijual satu paket, disini katalis silicon rubber berbeda dengan katalis resin jadi jangan tertukar, katalis silicon rubber digunakan untuk membuat silicon rubber menjadi cepat keras, lama atau tidaknya silicon rubber mengeras tergantung dari dosis yang digunakan.

6. Talk
Talk digunakan untuk membuat campuran pada resin keruh, sehingga bahan menjadi lebih banyak dan tentunya akan menghemat biaya produksi. sehingga kita tidak perlu membuat banyak bahan untuk membuat satu model yang akan dibentuk.

7. Vaseline
Vaseline digunakan untuk mengoles cetakan agar tidak lengket, seperti mengoleskan mentega pada cetakan kue sebelum adonan kue dituangkan kedalam cetakan. sehingga pada waktu adonan telah mengeras jadi lebih mudah untuk dilepaskan.

8. Bubuk Gypsum
bubuk gypsum ini mungkin sudah banyak yang kenal, tetapi fungsinya disini digunakan untuk membuat mattras karena sifat bahanya yang keras, sehingga cetakan akan menjadi solid dan tidak mudah goyah, hal ini untuk mengantisipasi agar saat adonan dituangkan dan mengalami proses pengerasan tidak bergeser atau berubah bentuk.

9. Air
air yang digunakan adalah air biasa, atau air keran. digunakan untuk mencapur bubuk gypsum menjadi adonan sehingga menjadi lebih mudah dibentuk menjadi cangkang.

10. cat dasar putih
disebut juga epoxy, cat dasar putih digunakan untuk kesempurnaan pada saat finishing, artinya sebelum memberi warna lain pada model, warna putih digunakan sebagai warna dasar pada model sebelum ditimpakan warna lain, sehingga hasil menjadi lebih sempurna.

11. Cat minyak/duco/kayu
digunakan untuk mewarnai model, untuk menghemat penggunaan cat, kita bisa membeli warna dasar, yaitu kuning, merah dan biru. nah dengan tiga warna dasar itu kita dapat membentuk warna lain, misalnya warna hijau merupakan campuran dari merah dan kuning, dan warna ungu merupakan campuran dari merah dan biru, serta warna-warna lain. untuk menambah gelap atau muda kita bisa menambahkan warna putih untuk hasil warna lebih muda, dan warna hitam untuk hasil warna yang lebih gelap.

12. Cat clear/ vernis
cat clear atau vernis ini digunakan untuk lebih mempercantik hasil pada model, sehingga terlihat mengkilap dan menambah daya jual tentunya.

Alat - Alat yang Digunakan
1. Kuas
2. Cat poster (alternatif dari cat kayu, harga lebih murah)
3. Thinner ( digunakan untuk mengencerkan cat)
4. Thinner B spesial (digunakan untuk membersihkan cat pada tangan)
5. objek model fiberglass. misalnya patung atau apa saja yang akan di copy.
6. cetakan jelly (misalnya untuk membuat model)
7. Gelas air mineral ( untuk mencampurkan adonan)
8. sendok makan
9. sumpit (untuk mengaduk)
10. Kertas koran ( untuk alas agar lantai tidak kotor)
11. sarung tangan karet
12.stik es krim ( untuk mengaduk cat dan kombinasi warna)
13. masker
14. gunting
15. karton
16. kertas memo.
17. saringan atau ayakan (untuk menyaring bahan bubuk agar halus)
18. Plastik aluminium foil
19.bloyang plastik
20. spidol
21. selotip
22. lem tembak
23. amplas
24. kikir

"""""""""""""""""""""""""""""""LATIHAN TERUS"""""""""""""""""""""""""""""""""
""""""""""""""""""""""""""""""Have a nice DAY"""""""""""""""""""""""""""""""""""""""


1 komentar: