Jumat, 15 Juni 2012

Cara membuat kerajinan dari resin

Bahan-bahan yang diperlukan adalah resin itu sendiri banyak di jual di toko-toko kimia,  dijual sudah dengan katalisnya (katalis adalah sebuah cairan untuk membuat resin tersebut menjadi keras) kisaran harga resin di toko adalah kurang lebih Rp.300.000 sudah dengan katalisnya.

bahan yang kedua adalah silikon rubber yaitu untuk membuat cetakannya, silikon juga banyak di jual di toko-toko kimia harga silikon rubber kurang lebih seekitar Rp. 300.000

dan bahan yang terakhir adalah bentuk dari yang akan kita buat seperti replika pesawat, gantungan kunci, dsb. bentuk ini bisa kita buat sendiri atau kita bisa meminta bantuan pada orang yang bisa membuatnya, bisa juga kita beli.

cara membuat cetakan adalah :
1. siapkan kotak dari kardus atau karton dengan bagian atasnya terbuka
2. lalu masukan benda yang akan kita cetak ke dalam kotak tadi
3. tuangkan silikon yang sudah di campur dengan katalisnya
4. biarkan sampai silikon mengering
5. setelah mengering keluarkan benda yang menjadi masternya
6. sekarang cetakan sudah jadi

cara untuk memasukan resinnya :
1. siapkan cetakan yang sudah kita buat tadi
2. siapkan wadah untuk mencampurkan resin dengan katalisnya
3. bila katalis terlalu banyak di campurkan pada resin, pada saat kering resin akan menjadi retak-retak
    bila katalis terlalu sedikit di campurkan pada resin, resin akan sulit mengering ( untuk tau takaran yang        sesuai dengan sering-sering melakukan percobaan). atau untuk perbandingan dalam satu cup bekas eskrim beri 3 s/d 4 tetes katalis.
4. setelah resin dan katalis tercampur masukan kedalam cetakan silikon dan biarkan mengering
5. setelah resin mengering keluarkan dari cetakan.
6. untuk finising beri warna dengan airbrus atau pewarna lain yang anda sukai.

Bahan dasarnya adalah resin dan katalis yang bisa didapatkan ditoko bahan kimia .
Resin
Renin merupakan bahan utama untuk membuat Fiberglass. Di jual dalam bentuk cairan kental berwarna bening. Fungsi utamanya sebagai bahan baku pembentuk polimer.
Jenis resin bermacam-macam. Untuk bahan aksesoris fiberglass, umumnya menggunakan resin bening atau resin butek.
Resin bening, biasanya digunakan untuk bentuk yang menonjolkan kebeningannya, seperti untuk aksesoris gantungan kunci serangga dll. Sedangkan resin jenis butek lebih banyak digunakan untuk pembuatan aksesoris yang berwarna, harganya lebih murah dibanding resin bening.
Zat ini dicampur dengan katalis, tapi komposisinya lebih banyak daripada katalis.
Kebanyakan resin sudah mengandung cobalt, tapi ada beberapa resin yang belum, seperti Resin 1560, C101, 2250, 2252 (Yukalac). Harga resin 108 (bening) Rp. 35-40 ribu / kg
Harga resin Akrilic sekitar Rp. 600-650 ribu / 4kg

Katalis
Zat berujud cairan ini adalah campuran resin, katalis berwarna bening dan berbau agak menyengat. Katalis berfungsi untuk mempercepat proses pengerasan polimerasi resin, semakin banyak katalis maka akan semakin cepat Resin mengeras.

Bila kena kulit akan teras panas sehingga bila dicampur dengan resin akan menghasilkan adonan yang terasa panas juga.

Katalis dibutuhkan dalam jumlah relatif sedikit.tapi menentukan kecepatan pengeringan/ reaksi. Penggunaan katalis 1% dr resin dalam kondisi dingin. kalau cuaca panas cukup 0.8% dr resin.

Cobalt
Cobalt biasanya sudah ada dalam resin. Berupa cairan bening yang memiliki aroma menyengat. Kegunaannya mirip katalis, untuk mempercepat pengeringan. Cobalt akan bereaksi panas jika dicampur katalis. Sehingga resin yang sudah ada cobaltnya kalau kena katalis akan panas. Jika resin belum mengandung cobalt, penggunaannya 0,1 – 0,2 persen dr resin.
Pelapis /Pelicin
Mirror Glaze/MGH 8 : berbentuk pasta atau krim agak padat, dimanfaatkan sebagai pelapis antara bidang mal atau cetakan dan material adonan fiber sehingga kedua bagian tadi tidak saling menempel.

PVA : Mirip mirror glaze. Bahan ini juga berfungsi sbg pelapis antara mal dan adonan fiber untuk produksi massal. Penggunaanya bisa digabung dengan mirror glaze atau menggantikan fungsi mirror glaze.

14 komentar:

  1. selain buat aksesoris gantngan kunci bsa buat kaca jendela nga. .
    Mksh atas ilmunya.

    BalasHapus
  2. kalo kita mau buat replikanya sendiri untuk di jadikan citakan silicon. gmna caranya,? mohon bantuannya.

    BalasHapus
  3. Halo,. salam kenal, saya ikut promosi yaa..
    kami PINBOO Bandung tlp.(022)91147817 - 081320620692 (http://www.pinboo.org) hendak menawarkan pruduk PIN, dlm berbagai model mulai seperti pin penitik, pin gantungan kunci bolak-balik, pin gantungan kunci crop pembuka botol, pin magnet,dan pin gantungan kunci 1 muka, serta bahan baku pin mulai dari ukuran 25mm s/d 75mm. cetak dan jual bahan mug.
    menjual juga kertas inject & kertas photo.
    kami juga menjual laminasi(glossy, salur/kanvas, gliter, dll). selain itu juga membuat id-card instan & menjual bahan baku id-card 2 muka (bolak balik), tali idcard / sablon tali id card, yoyo id card, dll
    terimakasih.. (proprint_pinboo@yahoo.com)

    BalasHapus
  4. salam kenal buat semua pembaca gan....buat yg mau beli resin dan katalis murah silahkan visit http://udkaryamukti.blogspot.com/2014/09/asbak-fiberglass-sederhana.html

    BalasHapus
  5. bagusya pakai kertas apa untuk isian didalam resin bening, sebab aku pakai kertas hvs kok kurang bagus, terus tehniknya kaya apa gan.........

    BalasHapus
  6. pake kertas foto mas hasil nya bagus

    BalasHapus
  7. Minta sarannya gan saya buat name tag dengan mengunnakan campuran resin danbkatalis tapi lama kering setiap dipegang masih aja ngecap sidik jari. Jadi untuk takaran yg cocok untuk campuran resin dan katalis berapa ya?? Terima kasih

    BalasHapus
  8. ok terima kasih atas infonya gan..

    BalasHapus
  9. Terima kasih infonya gan.
    Lumayan buat nambah elmu.

    Finishing Floor Hardener
    Apa itu Resin.

    ----------

    BalasHapus
  10. mas mau tanya kl mau bikin lapisan kayak kaca akrilik itu harus pake resin khusus gak?dan takaran perbandingan resin ma katalisnya berapa : berapa ya?mksh

    BalasHapus
  11. mas mau tanya kl mau bikin lapisan kayak kaca akrilik itu harus pake resin khusus gak?dan takaran perbandingan resin ma katalisnya berapa : berapa ya?mksh

    BalasHapus
  12. Halo,. salam kenal, kami ikut promo yaa..
    kami Mug Imut Bandung (http://www.buatmug.com) membuat mug, mencetak mug, dalam berbagai model. Jual aneka mug murah, bahan mug, kardus mug, membuat gelang karet rubber,serta kertas Inject.
    lokasi kami ada Jl. Gagak I No. 19 Surapati ( SUCI ) Bandung tlp.(022)91147817 - 081320620692
    email : proprint_pinboo@yahoo.com
    pin BB 1 : 27DFACC4
    pin BB 2 : 57BDF820
    terimaksih ........

    BalasHapus
  13. maav niy kawan2 .. mau tanya, kalo beli pigmen resin yg TIDAK solid/doff dimana yaa, artinya warna terlihat sedikit transparan gitu, kebanyakan di toko - toko tempat saya tinggal (bandung) menjual pigmen warna yg solid/doff .. mohon info nya teman2 ...terima kasih

    BalasHapus
  14. makasih nih infonya ceta mencetak ane perlu banget

    http://bizwithpos.blogspot.co.id

    BalasHapus